Taman Sunyi Sekala - By Aida Vyasa novel filsafat

| Monday, March 18, 2019
Taman Sunyi Sekala - By Aida Vyasa

"Taman Sunyi Sekala" ini berisi sebuah renungan spiritual perjalanan hidup seorang anak manusia. Dalam kesejatian ciptaan Rabb semesta sekalian alam bernama manusia, maka sesungguhnya ia tidaklah butuh nama. Dalam konteks ini maka benarlah lontaran " What's the name", apalah artinya sebuah nama. Jiwa menjadi lebih penting disini, teramat penting.

Dan dimana-mana jiwa memiliki nama yang sama, yaitu : noname alias tak bernama. Orang-orang saja yang kemudian memberinya nama : ruh.

Novel ini, yang sama sekali tak mirip Novel, sebenarnya hendak berkata bahwa kita adalah apa yang kita baca, kita serap, kita tulis, kita alami, kita saksikan, dan kita cintai. Bahwa kehidupan kekinian ternyata selalu tak bisa melepaskan diri dari kehidupan masa lalu. Sebuah 'blink' yang didapat di masa kecil melalui semacam Laura Ingals dalam "Little House on the Prairie" ternyata masih saja menjadi sebuah 'blink' dalam wujud lain di kehidupan kini bahkan juga diyakini di kehidupan masa datang.

Sebuah inspirasi kebajikan tidak akan pernah mati. Boleh saja "The good always die young", bahwa pahlawan selalu mati muda, tapi "the goodness" atau "the kindness" itu sendiri bersifat abadi dan tak pernah mati. Al-Quran sendiri mengabadikannya, saat memberi jaminan kepada orang-orang hidup yang ditinggal mati para syuhadah (the good) dengan mengatakan "janganlah mengira mereka mati? tidak! bahkan mereka itu hidup" (QS. Ali Imran:169)

Maka, beruntunglah anak-anak pada masa kini, yang memiliki (to belong) orang tua, guru, atau orang dewasa yang pernah hidup di masa lalu, dan menyadari hakikat kehidupan di masa sebelumnya adalah semata agar masa kini lebih baik. Sebab, banyak pula anak-anak yang berada di tengah-tengah orang dewasa ( to have), tapi tak banyak merasakan apa arti kedewasaan, karena mereka yang dewasa rupanya hanyalah 'anak-anak yang terkurung dalam tubuh dewasa'.

Beruntunglah anak-anak itu, yang disodori  buku-buku dan bacaan sarat inspirasi, meski inspirasi itu baru bisa termaknai jauh tahunan ke depan. Beruntunglah juga anak-anak yang di beri kesempatan mengakses tontonan (akui saja dengan lapang dada) TV dan film yang membasuh jiwa, pun juga tontonan yang mengotori jiwa. Sebab yang 'kotor-kotor'itu sejatinya akan menguatkan kekuatan pembasuhan.

Dan pihak yang bertanggungjawab dibalik semua itu adalah : kata (word). Dalam segala rupa kata, ia adalah dalang di segenap peradaban dan pemikiran dunia. Buku yang ditulis, komik yang digambar, koran yang diterbitkan, film yang diproduksi, iklan yang menipu, juga lirik dalam lagu bahkan rupa murni dalam kanvas, semuanya melahirkan kata. Kata adalah sumber kesejahteraan dan kata adalah sumber penderitaan. Selama kata itu ada, selama itu pula perang dan perpecahan antar manusia akan ada. Pula, selama kata itu ada kedamaian akan tercipta. Tak diragukan lagi, The word is the  world's soulmate.

sumber
baca juga Puisi taman sunyi sekala

2 comments:

  1. This is how my colleague Wesley Virgin's story starts with this shocking and controversial video.

    You see, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he discovered hidden, "self mind control" secrets that the government and others used to obtain everything they want.

    These are the exact same methods tons of celebrities (especially those who "became famous out of nowhere") and top business people used to become rich and famous.

    You probably know that you use less than 10% of your brain.

    That's really because the majority of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Maybe that conversation has even taken place INSIDE your own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain around seven years back, while riding a non-registered, trash bucket of a car without a license and with $3 on his banking card.

    "I'm absolutely fed up with going through life payroll to payroll! When will I become successful?"

    You took part in those conversations, isn't it right?

    Your success story is going to start. Go and take a leap of faith in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S SECRETS

    ReplyDelete
  2. Strange "water hack" burns 2 lbs in your sleep

    At least 160000 men and women are utilizing a easy and SECRET "liquid hack" to drop 2lbs each and every night in their sleep.

    It's proven and works on everybody.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Get a glass and fill it with water half glass

    2) Then use this weight loss HACK

    and you'll become 2lbs thinner the next day!

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik
dan yang tidak mengandung SARA

Next Prev
▲Top▲